Data
mart adalah suatu bagian pada data warehouse yang
mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau
operasi pada suatu perusahaan. Dalam beberapa implementasi data warehouse, data
mart adalah miniature data warehouse. Data mart sering digunakan untuk
memberikan informasi kepada segmen fungsional organisasi. Contoh umum data mart
adalah untuk departemen penjualan, departemen persediaan dan pengiriman,
departemen keuangan, manajemen tingkat atas, dan seterusnya.
Data mart juga
dapat digunakan untuk gudang data segmen data untuk mencerminkan bisnis secara
geografis terletak di mana masing-masing daerah relatif otonom. Sebagai contoh,
sebuah organisasi layanan yang besar mungkin memperlakukan pusat operasi
regional sebagai unit usaha perorangan, masing-masing dengan data mart sendiri
yang memberikan kontribusi untuk gudang data master.
Data mart kadang-kadang dirancang
sebagai gudang data individu dan memberikan kontribusi pada organisasi secara
keseluruhan sebagai anggota dari sebuah gudang data terdistribusi. Dalam desain
yang lain, data mart menerima data dari sebuah gudang master data melalui
update berkala, dalam hal ini fungsionalitas data mart sering terbatas pada
layanan presentasi untuk klien.
Data mart harus
dirancang dari perspektif bahwa mereka adalah komponen dari data warehouse
terlepas dari fungsi masing-masing atau konstruksi. Ini menyediakan konsistensi
dan kegunaan dari informasi seluruh organisasi
0 komentar:
Posting Komentar