Pages

Definisi Data mart


Data mart adalah suatu bagian pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan. Dalam beberapa implementasi data warehouse, data mart adalah miniature data warehouse. Data mart sering digunakan untuk memberikan informasi kepada segmen fungsional organisasi. Contoh umum data mart adalah untuk departemen penjualan, departemen persediaan dan pengiriman, departemen keuangan, manajemen tingkat atas, dan seterusnya.
Data mart juga dapat digunakan untuk gudang data segmen data untuk mencerminkan bisnis secara geografis terletak di mana masing-masing daerah relatif otonom. Sebagai contoh, sebuah organisasi layanan yang besar mungkin memperlakukan pusat operasi regional sebagai unit usaha perorangan, masing-masing dengan data mart sendiri yang memberikan kontribusi untuk gudang data master.
Data mart kadang-kadang dirancang sebagai gudang data individu dan memberikan kontribusi pada organisasi secara keseluruhan sebagai anggota dari sebuah gudang data terdistribusi. Dalam desain yang lain, data mart menerima data dari sebuah gudang master data melalui update berkala, dalam hal ini fungsionalitas data mart sering terbatas pada layanan presentasi untuk klien.
Data mart harus dirancang dari perspektif bahwa mereka adalah komponen dari data warehouse terlepas dari fungsi masing-masing atau konstruksi. Ini menyediakan konsistensi dan kegunaan dari informasi seluruh organisasi

0 komentar:

Posting Komentar